News

AS Setujui Potensi Penjualan 36 Jet F-15ID ke Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menyetujui penjualan 36 unit jet tempur F-15ID beserta dukungan peralatannya kepada Indonesia dengan nilai 13,9 miliar dollar AS atau setara Rp 199 triliun lebih.

AS mengumumkan persetujuan penjualan 36 unit F-15 dilakukan di hari yang sama ketika Indonesia resmi membeli enam jet Dassault Rafale asal Perancis, Kamis (10/2/2022).

Mengutip siaran pers Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS, Indonesia disebut telah meminta 36 jet F-15.

“Paket itu akan mencakup 36 jet, mesin cadangan, radar, pelatihan kacamata penglihatan malam dan dukungan teknis,” kata Pentagon dikutip Kompas.com dari kantor berita Reuters, Jumat (11/2/2022).

Nantinya, Boeing menjadi kontraktor utama untuk jet F-15.

Kendati telah mengumumkan potensi penjualan 36 F-15ID ke Indonesia, keputusan tersebut bukan berarti negosiasi telah rampung.

“Meskipun disetujui oleh Departemen Luar Negeri, pemberitahuan tersebut tidak menunjukkan bahwa sebuah kontrak telah ditandatangani atau bahwa negosiasi telah selesai,” tulis Reuters.

Secara lebih rinci, AS menyetujui potensi penjualan ini lengkap dengan beberapa komponen lainnya.

“Paket itu juga mencakup 87 mesin, bersama dengan radar, komputer, sistem navigasi, dan perangkat keamanan untuk jet tempur canggih,” tulis The Washington Times.

Sementara itu, pihak Kementerian Pertahanan Indonesia belum bisa berbicara mengenai pengumuman AS tersebut.

 

Sumber: kompas.com